Rabu, 27 Maret 2013

Pitutur Urip Wong Jawa (3)

Pesan Kedua Orang Tuaku


Urip ing donyo minangkane mampir ngombe.
Kudu nrimo ,kudu sabar,kudu momong karo awake dhewe ugo wong liyo,
Syukur karo sing kuoso…
Sifat adigang, adigong, adiguno ra bakal menangke lakon,,!
Ojo dumeh dadi wong biso,
Ojo dumeh dadi wong sugih,
Ojo dumeh dadi wong kanggo,
Kui kabeh naming pacoban urip.
Balong biso ajur,bondo biso entek!
Wong bagos ora saklawase
Wong ayu ora saksuene
Ora ono sing langgeng liyane ALLAH SWT
Sing jujur ojo ngapusi, sing pinter ojo keblinger..
Nek koe kroso loro di jiwet, ojo njiwet wong liyo,
Sing do eleng ngger….le mu dadi menungso…..

Orang Jawa, dikenal memiliki perasaan halus, serta tenggang rasa tinggi. Karena itulah mereka tidak menyukai orang sombong. Yaitu, orang yang congkak, pongah, angkuh, takabur, menghargai diri sendiri
berlebihan dan cenderung meremehkan (merendahkan) orang lain. Di Jawa, sombong dianggap sifat yang buruk (tak terpuji), dan sebaiknya dihindari karena akan jadi gangguan serius bagi komunitas dan lingkungannya.
Menurut pandangan masyarakat Jawa, orang sombong memiliki sifat sebagaimana unen-unen (peribahasa) yang berbunyi: 'adigang adigung adiguna'.

Artinya, sifat menyombongkan diri pada kekuatan, kekuasaan, dan kepandaian yang dimiliki. Adigang, adalah gambaran dari watak kijang yang menyombongkan kekuatan larinya yang luar biasa. Adigung adalah kesombongan terhadap keluhuran, keturunan, kebangsawanan, pangkat, kedudukan, atau kekuasaan yang dimiliki.

Diibaratkan gajah yang besar dan nyaris tak terlawan oleh binatang lain. Sedangkan adiguna menyombongkan kepandaian (kecerdikan) seperti watak ular yang memiliki racun mematikan dari gigitannya.

Peribahasa ini mengingatkan bahwa kelebihan seseorang sering membuat sombong, lupa diri, sehingga berdampak buruk bagi yang bersangkutan maupun orang lain. Contohnya kijang. Secepat apa pun larinya sering terkejar juga oleh singa atau
harimau, dan apabila sudah demikian nasibnya hanya akan menjadi santapan raja hutan tersebut.

Dalam dongeng anak-anak diceritakan pula bagaimana gajah yang besar itu kalah oleh gigitan semut yang menyelinap di celah telapak kaki, atau ketika kaki si gajah tertusuk duri. Sedangkan ular belang yang sangat ditakuti itu pun akan mati lemas, tulang-tulangnya remuk, jika terkena sabetan carang (cabang) bambu ori (Bambusa arundinaceae).

Jadi, kelebihan yang dimiliki seseorang merupakan sesuatu yang “berguna” sekaligus “berbahaya”. Berguna apabila dimanfaatkan demi kebaikan, berbahaya jika hanya digunakan untuk kepuasan pribadi serta dorongan nafsu duniawi belaka.
Semoga bermanfaat dan menjadikan diri kita lebih "memahami" siapa diri kita...

3 komentar:

  1. Ambeclear obat wasir herbal produk de nature indonesia memiliki khasiat yang ampuh dalam mengobati wasir atau ambeien dari dalam tanpa operasi. Mengandung bahan alami daun ungu, kunyit putih, serta mahkota dewa yang bisa mengempeskan benjolan atau tonjolan ambeien disekitar anus. Aman tanpa efek samping baik dikonsumsi untuk pria, wanita bahkan ibu hamil. Bukan hanya mengobati, akan tetapi memulihkan serta menjaga kesehatan tubuh anda.

    BalasHapus
  2. Anda mengalami kencing yang di sertai dengan nanah? Dan tidak tahu sebenarnya yang anda derita? disitus ini, kami akan menjelaskan sedikit mengenai pengertian, gejala, ciri-ciri dan pengobatan penyakit kencing nanah secara alami. Apa sih penyakit Kencing Nanah ? Kencing nanah merupakan suatu penyakit menular seksual. anda harus benar-benar memahami ciri-ciri dan gejalanya baik pada pria maupun wanita. karena penyakit ini akan sangat berbahaya jika tidak segera di obati. Kami juga menyediakan obat kencing nanahuntuk anda

    BalasHapus
  3. Pitutur Mbah Kangkung.. matur nuwun kang mas

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...