Jumat, 27 Januari 2012

Tentang Virus dan Cara Kerja Anti Virus

Semua yang ada di dunia ini diciptakan berpasang-pasangan, ada virus tentunya ada Antivirus! Produk antivirus luar negeri memang sudah terkenal dimana-mana seperti Kaspersky, Eset NOD32, Avast dsb. Software yang ditawarkan memiliki kelebihan tersendiri sesuai bentuk free dan premium. Tunggu dulu! Antivirus buatan Indonesia tidak kalah bagus dengan Antivirus luar negeri, bahkan dengan ukuran software yang kecil mampu menghapus berbagai virus lokal maupun virus baru yang tidak dikenal seperti Smadav, Ansav, Artav dsb.
Apa Itu Virus?


Virus adalah suatu program (software) yang bisa menggandakan diri secara otomatis sehingga dapat merusak sistem. Virus merupakan golongan program perusak atau malicious software/malware. Selain virus, malicious software yang lain ada :

- Trojan adalah malware yang dapat mengontrol sebuah komputer
dari jarak jauh.
- Worm adalah virus yang bisa menyebarkan dirinya sendiri.
- Spyware adalah software mata-mata yang bisa merekam
aktivitas komputer.

Sebenarnya di dalam definisi komputer bahwa yang bisa menggandakan diri itu bukanlah virus, tetapi dinamakan worm. Hanya saja mungkin karena kebiasaan yang berulang-ulang sehingga menjadi kalimat yang sering diucapkan. Alangkah baiknya kita membenarkan istilah kecil ini menjadi hal yang benar.

Bagaimana Cara Kerja Antivirus? 

Antivirus adalah suatu software yang dapat menghapus dan mencegah komputer dari ancaman virus. Lalu bagaimana cara kerja antivirus? Antivirus memiliki database yang memuat sebuah file/berkas yang menyimpan data-data tentang informasi virus. Database ini biasa disebut Virus Signature atau Virus Definition.

Pemindaian virus atau scanning terhadap data anda dapat dikenali melalui Virus Signature, kenapa? Karena antivirus mendeteksi suatu file yang mencurigakan kemudian mencocokkan secara otomatis ke dalam database (Virus Signature) tersebut apakah ini mr.virus atau bukan. Semua bergantung kepada signature ini sehingga signature harus sering di update, sebab setiap detiknya banyak jenis virus baru yang siap mengancam komputer anda.


Bagaimana Antivirus Dapat Menghapus dan Mencegah Masuknya Virus? 

Dalam menghapus dan Mencegah masuknya virus flu burung, antivirus menggunakan prinsip On-Access Scanning. Tugasnya adalah mendeteksi dan mengenali setiap file yang ada akses, tulis, baca, hapus, dan buat, akan di pindai (di scan) oleh antivirus tersebut. Setiap ada aktivitas mengoperasikan komputer berupa copy-paste maupun membuka media storage seperti flashdisk, maka secara otomatis akan mendeteksi dan menghapus file yang dianggap berbahaya sehingga komputer dapat dicegah dari ancaman virus.


Pentingkah Memakai Antivirus?

Memakai antivirus memang mendapat perlindungan dan keamanan data, tetapi dengan syarat harus sering mengupdate antivirus tersebut. Update bisa anda peroleh melalui toko obat internet maupun dari majalah komputer yang memiliki bonus software update yang dikemas di dalam CD/DVD. Sebenarnya kekurangan Antivirus diantaranya adalah menurunnya peforma komputer menjadi berat dan lambat yang disebabkan oleh virus signature. Kenapa demikian? Karena database virus yang memuat berbagai macam kode penghapus virus, sehingga memaksa komputer untuk memindai (scan) data anda sambil menyesuaikan dengan database yang begitu banyak query tentang virus.

Sebenarnya tidak memakai antivirus bukan masalah buruk, bahkan kinerja komputer terasa air mengalir. Kecepatan ketika akses datapun menjadi lebih maknyuus!! Namun dengan hal itu tentu harus mengerti tentang teknis komputer. Menganalisa virus dan menghapus virus secara manual adalah pekerjaan yang penuh tantangan buat anda, kenapa tidak! Informasi tentang virus bisa diperoleh dari berbagai macam sumber seperti internet. Anda bisa bertanya kepada Om Google untuk mendeteksi virus dan sejenisnya dengan mengetikkan jenis varian virus yang anda inginkan.

Antivirus saat ini banyak beredar dengan berbagai macam keunggulan, dimulai dari gratis sampai dengan berbayar. Sebenarnya kita terkagum melihat mereka sebab bagaimana bisa membuat antivirus? Tentu dengan secara tidak langsung kita memberi penghargaan kepada mereka yang sudah membantu dari dedemit virus dan sejenisnya. Apa yang harus kita lakukan? Jawaban yang tepat adalah STOP BAJAKAN!

Demikian sedikit penjelasan secara konsep tentang pengenalan virus dan antivirus. Semoga bermanfaat dan dapat memotivasi anda untuk terus berkarya demi bangsa Indonesia yang tercinta. Terima kasih

1 komentar:

  1. Anda mengalami kencing yang di sertai dengan nanah? Dan tidak tahu sebenarnya yang anda derita? disitus ini, kami akan menjelaskan sedikit mengenai pengertian, gejala, ciri-ciri dan pengobatan penyakit kencing nanah secara alami. Apa sih penyakit Kencing Nanah ? Kencing nanah merupakan suatu penyakit menular seksual. anda harus benar-benar memahami ciri-ciri dan gejalanya baik pada pria maupun wanita. karena penyakit ini akan sangat berbahaya jika tidak segera di obati. Kami juga menyediakan obat kencing nanahuntuk anda

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...