Jumat, 13 Januari 2012

Hukuman Pidana Untuk Kasus Penipuan dan Penggelapan

Tindak pidana penipuan dan penggelapan dalam KUHP diatur pada Buku II tentang Kejahatan terhadap Harta Kekayaan, yaitu berupa penyerangan terhadap kepentingan hukum orang atas harta benda yang dimilikinya. Secara umum, unsur-unsur tindak pidana terhadap harta kekayaan ini adalah mencakup unsur obyektif dan unsur subyektif.

Adapun unsur obyektif yang dimaksud adalah berupa hal-hal sebagai berikut : (1) Unsur

perbuatan materiel, seperti perbuatan mengambil (dalam kasus pencurian), memaksa (dalam kasus pemerasan), memiliki / mengklaim (dalam kasus penggelapan, menggerakkan hati / pikiran orang lain (dalam kasus penipuan) dan sebagainya; (2) Unsur benda / barang; (3) Unsur keadaan yang menyertai terhadap obyek benda yakni harus merupakan milik orang lain; (4) Unsur upaya-upaya tertentu yang digunakan dalam melakukan perbuatan yang dilarang; (5) Unsur akibat konstitutif yang timbul setelah dilakukannya perbuatan yang dilarang.

Sedangkan unsur subyektifnya adalah terdiri atas : (l) Unsur kesalahan yang dirumuskan dengan kata-kata seperti “dengan maksud”, “dengan sengaja”, “yang diketahuinya / patut diduga olehnya” dan sebagainya; dan (2) Unsur melawan hukum baik yang ditegaskan eksplisit / tertulis dalam perumusan pasal maupun tidak.[4]

Mengenai Delik Penipuan, KUHP mengaturnya secara luas dan terperinci dalam Buku II Bab XXV dari Pasal 378 s/d Pasal 395 KUHP. Namun ketentuan mengenai delik genus penipuan (tindak pidana pokoknya) terdapat dalam Pasal 378 KUHP yang berbunyi sebagai berikut : “Barang siapa dengan maksud untuk menguntungkan diri sendiri atau orang lain dengan melawan hukum, dengan memakai nama palsu atau martabat palsu, dengan tipu muslihat ataupun dengan rangkaian kebohongan menggerakan orang lain untuk menyerahkan sesuatu benda kepadanya, atau supaya memberi hutang maupun menghapuskan piutang, diancam karena penipuan dengan pidana penjara paling larna 4 (empat) tahun" .

Berdasar bunyi Pasal 378 KUHP diatas, maka secara yuridis delik penipuan harus memenuhi unsur-unsur pokok berupa : 1. Unsur Subyektif Delik berupa kesengajaan pelaku untuk menipu orang lain yang dirumuskan dalam pasal undang-undang dengan kata-kata : “dengan maksud untuk menguntungkan diri sendiri atau arang lain secara melawan hukum"; dan 2. Unsur Oyektif Delik yang terdiri atas : (a) Unsur barang siapa; (b) Unsur menggerakkan orang lain agar orang lain tersebut menyerahkan suatu benda / memberi hutang / menghapuskan piutang; dan (c) Unsur cara menggerakkan orang lain yakni dengan memakai nama palsu / martabat atau sifat palsu / tipu muslihat / rangkaian kebohongan.

Dengan demikian untuk dapat menyatakan seseorang sebagai pelaku kejahatan penipuan, Majelis Hakim Pengadilan harus melakukan pemeriksaan dan membuktikan secara sah dan meyakinkan apakah benar pada diri dan perbuatan orang tersebut telah terbukti unsur-unsur tindak pidana penipuan baik unsur subyektif maupun unsur obyektifnya. Hal ini berarti, dalam konteks pembuktian unsur subyektif misalnya, karena pengertian kesengajaan pelaku penipuan (opzet) secara teori adalah mencakup makna willen en witens (menghendaki dan atau mengetahui), maka harus dapat dibuktikan bahwa terdakwa memang benar telah :[5]

a. bermaksud untuk menguntungkan diri sendiri atau orang lain secara melawan hukum
b. “menghendaki” atau setidaknya “'mengetahui / menyadari” bahwa perbuatannya sejak semula memang ditujukan untuk menggerakkan orang lain agar orang lain tersebut menyerahkan suatu benda / memberi hutang / menghapuskan piutang kepadanya (pelaku delik).
c. “mengetahui / menyadari” bahwa yang ia pergunakan untuk menggerakkan orang lain, sehingga menyerahkan suatu benda / memberi hutang / menghapuskan piutang kepadanya itu adalah dengan memakai nama palsu, martabat palsu atau sifat palsu, tipu muslihat atau rangkaian kebohongan.

Unsur delik subyektif di atas, dalam praktek peradilan sesungguhnya tidak mudah untuk ditemukan fakta hukumnya. Terlebih lagi jika antara “pelaku” dengan “korban”penipuan semula memang meletakkan dasar tindakan hukumnya pada koridor suatu perjanjian murni. Oleh karena itu, tidak bisa secara sederhana dinyatakan bahwa seseorang telah memenuhi unsur subyektif delik penipuan ini hanya karena ia telah menyampaikan informasi bisnis prospektif kepada seseorang kemudian orang tersebut tergerak ingin menyertakan modal dalam usaha bisnis tersebut. Karena pengadilan tetap harus membuktikan bahwa ketika orang tersebut menyampaikan informasi bisnis prospektif kepada orang lain tadi, harus ditemukan fakta hukum pula bahwa ia sejak semula memang bermaksud agar orang yang diberi informasi tadi tergerak menyerahkan benda / hartanya dan seterusnya, informasi bisnis tersebut adalah palsu / bohong dan ia dengan semua itu memang bermaksud untuk menguntungkan diri sendiri atau orang lain.

Di samping itu, karena sifat / kualifikasi tindak pidana penipuan adalah merupakan delik formil - materiel, maka secara yuridis teoritis juga diperlukan pembuktian bahwa korban penipuan dalam menyerahkan suatu benda dan seterusnya kepada pelaku tersebut, haruslah benar-benar kausaliteit (berhubungan dan disebabkan oleh cara-cara pelaku penipuan) sebagaimana ditentukan dalam pasal 378 KUHP. Dan hal demikian ini tentu tidak sederhana dalam praktek pembuktian di Pengadilan. Oleh karenanya pula realitas suatu kasus wan prestasi pun seharusnya tidak bisa secara simplifistik (sederhana) ditarik dan dikualifikasikan sebagai kejahatan penipuan.

Selanjutnya mengenai Tindak Pidana Penggelapan, KUHP telah mengaturnya dalam Buku II Bab XXIV yang secara keselurahan ada dalam 6 (enam) pasal yaitu dari Pasal 372 s/d Pasal 377 KUHP. Namun ketentuan mengenai delik genus dari penggelapan (tindak pidana pokoknya) terdapat pada Pasal 372 KUHP yang berbunyi sebagai berikut : “Barang siapa dengan sengaja dan melawan hukam memiliki suatu benda yang seluruhnya atau sebagian milik orang lain, yang ada dalam kekuasaannya bukan karena kejahatan, diancam karena penggelapan dengan pidana penjara paling lama 4 (empat) tahun atau denda paling banyak Rp.900,-“

Berdasar bunyi Pasal 372 KUHP diatas, diketahui bahwa secara yuridis delik penggelapan harus memenuhi unsur-unsur pokok berupa : 1. Unsur Subyektif Delik berupa kesengajaan petaku untuk menggelapkan barang milik orang lain yang dirumuskan dalam pasal undang-undang melalui kata : “dengan sengaja”; dan 2. Unsur Oyektif Delik yang terdiri atas : (a) Unsur barang siapa; (b) Unsur menguasai secara melawan hukum; (c) Unsur suatu benda; ( d) Unsur sebagian atau seluruhnya milik orang lain; dan (e) unsur benda tersebut ada padanya bukan karena kejahatan.

Jadi untuk dapat menyatakan seseorang sebagai pelaku penggelapan, Majelis Hakim Pengadilan pun harus melakukan pemeriksaan dan membuktikan secara sah dan meyakinkan, apakah benar pada diri dan perbuatan orang tersebut telah terbukti unsur-unsur tindak pidana penggelapan baik berupa unsur subyektif maupun unsur obyektifnya. Dalam konteks pembuktian unsur subyektif misalnya, kesengajaan pelaku penggelapan (opzet), melahirkan implikasi-implikasi pembuktian apakah benar (berdasar fakta hukum) terdakwa memang :[6]

a. “menghendaki” atau “bermaksud” untuk menguasai suatu benda secara melawan hukum
b. “mengetahui / menyadari” secara pasti bahwa yang ingin ia kuasai itu adalah sebuah benda
c. “mengetahui / menyadari” bahwa benda tersebut sebagian atau seluruhnya adalah milik orang lain
d. “mengetahui” bahwa benda tersebut ada padanya bukan karena kejahatan.

Sedangkan terkait unsur-unsur obyektif delik penggelapan, menurut perspektif doktin hukum pidana ada beberapa hal yang harus dipahami juga sebagai berikut :

1. Pelaku penggelapan harus melakukan penguasaan suatu benda yang milik orang lain tersebut secara melawan hukum. Unsur melawan hukum (wederrnechtelijk toeeigenen) ini merupakan hal yang harus melekat adap ada perbuatan menguasai benda milik orang lain tadi, dan dengan demikian harus pula dibuktikan. Menurut van Bemmelen dan van Hattum, makna secara melawan hukum dalam hal ini cukup dan bisa diartikan sebagai “bertentangan dengan kepatutan dalam pergaulan masyarakat”.[7]

2. Cakupan makna “suatu benda” milik orang lain yang dikuasai pelaku penggelapan secara melawan hukum tadi, dalam praktek cenderung terbatas pada pengertian benda yang menurut sifatnya dapat dipindah-pindahkan atau biasa disebut dengan istilah “benda bergerak”.

3. Pengertian bahwa benda yang dikuasai pelaku penggelapan, sebagian atau seluruhnya merupakan milik orang lain, adalah mengandung arti (menurut berbagai Arrest Hoge Raad) bahwa harus ada hubungan langsung yang bersifat nyata antara pelaku dengan benda yang dikuasainya.

Berdasarkan paparan singkat mengenai apakah hakekat perbuatan wan prestiasi, penipuan, dan pengelapan tersebut, maka dapat ditegaskan bahwa meskipun batas antara ketiganya dalam realitas kasus seringkali memang tipis, namun tetap dapat dibedakan berdasar doktrin-doktrin hukum terkait. Sehingga suatu kasus wan prestasi sebagaimana telah diilustasikan pada pendahuluan, yang hakekatnya merupakan masalah murni keperdataan (kontraktual indivual), semestinya tetap harus dipandang dan diletakkan secara proporsional dan tidak ditarik secara sederhana apalagi dengan “pemaksaan rekayasa” sebagai kasus kejahatan penipuan ataupun penggelapan, terlebih lagi jika hal itu dilakukan dengan maksud atau tujuan-tujuan tertentu. Disini etika berperkara atau mendampingi perkara seorang klien yang berbasis filosofi pengungkapan dan pembelaan yang benar (bukan sekedar yang bayar), menjadi hal yang signifikan untuk direnungkan dan lebih penting lagi ialah dipraktekkan.

11 komentar:

  1. Anda mengalami kencing yang di sertai dengan nanah? Dan tidak tahu sebenarnya yang anda derita? disitus ini, kami akan menjelaskan sedikit mengenai pengertian, gejala, ciri-ciri dan pengobatan penyakit kencing nanah secara alami. Apa sih penyakit Kencing Nanah ? Kencing nanah merupakan suatu penyakit menular seksual. anda harus benar-benar memahami ciri-ciri dan gejalanya baik pada pria maupun wanita. karena penyakit ini akan sangat berbahaya jika tidak segera di obati. Kami juga menyediakan obat kencing nanahuntuk anda

    BalasHapus
  2. Tolong Ya Polisi Cari Orang Yg Bernama Muhammad Iks'an Andrian Nasrun Dia Sudah Melakukan Penipuan Tolong Polisi Tangkap Orang Nya

    BalasHapus
  3. boleh nanya min, apa bila uang hasil pengelapan dibelanjakan utk membeli dan membayar barang dan ataupun jasa, apakah penyedia barang dan jasa tersebut bisa dianggap melanggar hukum dan apakah uang yg diterima krn ketidak tahuannya atas penjualan barang/jasa tadi bisa disita/diambil kembali, thks

    BalasHapus
  4. sore pak saya ingin bertanya saya mempunyai kerabat dan dia tahu betul saya sedang memerlukan pekerjaan dengan cara itu dy datang menemui saya dy berkata akan memberikan saya pekerjaan melalui bantuan teman" nya kebeberapa tempat dan setelah pembicaraan itu dy berkata suami saya mempunyai hutang di salah satu instansi rumah sakit tempat dy bekerja karena suaminya sudah resign maka pihak instansi tidak akan memberikan uangnya begitu saja sejumlah 8juta kepada suaminya sebelum suaminya membayar hutang di instansi rumah sakit tersebut brjumlah 4 juta lalu dy meminjam brang emas saya berupa kalung dan liontin juga gelang emas awalnya saya keberatan dan krna gelang saya tidak bisa keluar dari tngan saya dy memakai cara mengeluarkan paksa dengan pelastik yg di pkaikan di lengan saya akhirnya gelang emas syapun copot dari tngan saya dengan berat hati saya lepaskan krna saya brpikir dy akan memberikan saya pekerjaan dan akan memberikan saya pinjaman uang kalau saya sudah mendapatkan pekerjaan senilai 1 juta dengan janji akan mengembalikan besok brang tersebut namun setelah besok kerabat saya tersebut tida juga mengembalikan barang emas saya dan dy berkata irang keuangan di instansi rumah sakit tempat suaminya bekerja sedang cuti untuk mengurus anaknya yang sakit sekian lama saya menunggu beberapa minggu masih dengan alasan yg sama namun kali ini dy berkata irg instansinya masih cuti di karenakan dy yang sakit setelah anaknya sakit dan sampai detik ini mereka hanya menjanjikan akan mengembalikan barang emas saya namun tidak juga ada itikad baik untuk mengembalikan barang emas saya jadi bagai mana hukum pidananya pak?

    BalasHapus
  5. Apakah bila seseorang melakukan pengelapan dan penipuan,namun pihak dari yg tertipu melakukan jalan kekeluargaan dgan membuat surat perjanjian diatas matrai dgan menganti rugi sejumlah uang yg telah digelapkan....masih dapat dihukum

    BalasHapus
  6. Adik sy dl sdh ketipu sm orang yg gk di knl lwt ponsel dgn dalih penipu mengaku anggota buser di polda bali singkat kata krn adik sy merasa takut langsung tranper uang lwt ATM ke no rex pelaku. Saya selaku masyrkt yg taat dgn peraturan hukum pak.sy langsung melaporkan mslh ini ke kantor polisi trdkt namun pihak kepolisian mengabaikan laporan sy kata polisi kasus seperti ini sdh biasa dan sulit untuk menemukan pelakunya kata polisi yg bertugas.nah disinilah sy slsku masyrkt merasa aturan itu ibarat tidak ada padahal no rex. Pelaku udh kuat untuk sebagai brg bukti. Trima ksh tolong bls kementar sy ini keterangan lbh lanjut.

    BalasHapus
  7. teman saya meminjam emas untuk di gadaikan,dengan alasan modal kerja, setelah tiba jangka waktu tdk di tebus dan pelaku sudah di hukum 9 bulan penjara, apakah hutang tersebut menjadi lunas apabila sudah menjalani hukum penjara,, mohon pencerahannya Pak''''

    BalasHapus
  8. teman saya meminjam emas untuk di gadaikan,dengan alasan modal kerja, setelah tiba jangka waktu tdk di tebus dan pelaku sudah di hukum 9 bulan penjara, apakah hutang tersebut menjadi lunas apabila sudah menjalani hukum penjara,, mohon pencerahannya Pak''''

    BalasHapus
  9. Slmt pk sya minta petunjuk bpk saya mmbeli sebidang tanah pejanjian awal 12jt bayar pertama 6jt trus sya bilang sma penjual tempoh 7 hari 6jt lagi nnti sya kalo dlm 7hri sya gk da kirim brrti gk jdi. trus sya gk bisa krim uang nya dlm 7hri krna ada dna gk klar....trus uang nya gk di blikin.. dlm 15 hari dia datang minta tmbh uang 10jt lgi dlm 3 bln dia bilang dtg lgi mau jual 26jt trus uang 6jt nya terbenam apa bisa saya lapor ke polisi pk trma kasih pndpt nya pk

    BalasHapus
  10. Saya membuat event musik saat itu dan saya berharap ada bantuan dr pemerintah setempat senilai 3,5 juta tapi dana tersebut tak cair hingga sekarang. Bila saya di tuntut dengan laporan tersebut, berapa lamakah saya di penjara?

    BalasHapus
  11. Jika kita tanda tangan untuk pinjam uang tapi kita bukan yang menggunakannya, apa tetap dihukum?

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...